Minggu, 02 Januari 2011

TULISAN ETIKA PROFESI AKUNTANSI - Cara Cepat Mendongkrak Karier

MENEMPATI jabatan tertinggi di sebuah pekerjaan merupakan impian banyak orang. Terkadang untuk menuju posisi puncak perlu usaha keras.

Waktu dan pengalaman seringkali menjadi tolok ukur penilaian seseorang layak naik ke posisi yang lebih tinggi. Namun ada sejumlah hal yang bisa membantu Anda mendongkrak karier sedikit lebih cepat.

Untuk menambah wawasan, tak ada salahnya belajar dari orang-orang yang yang memiliki jam terbang tinggi.
Berikut ini sejumlah tips dari para CEO dan eksekutif atas, seperti dikutip situs msn.careerbuilder.com, untuk membantu Anda mendapatkan posisi idaman:

Kumpulkan pengetahuan

''Pengetahuan adalah kunci. Anda perlu membaca informasi tentang industri Anda, mengetahui apa yang dilakukan orang-orang, dan terus berinovasi,'' cetus Linda Matzigkeit, wakil presiden senior perencanaan strategis dan sumber daya manusia di Children's Healthcare Atlanta.

Hal senada diutarakan Anthony Leone, pendiri Energy Kitchen, sebuah restoran waralaba berbasis di New York City. ''Belajarlah sebanyak mungkin di bidang pilihanmu. Jadilah seperti semacam aset bagi perusahaanmu. Sehingga pemiliknya mengatakan pada dirinya sendiri. Kami tidak dapat hidup tanpa orang ini.''

Berpikir strategis

Karyawan yang mendapatkan perhatian adalah mereka yang mengajukan pertanyaan yang tepat. ''Menanyakan pertanyaan yang baik adalah sebuah seni. Saya akan jauh lebih terkesan jika kau menanyakan satu pertanyaan baik, daripada jika kau berbicara seolah-olah ingin memperlihatkan seberapa banyak yang kau ketahui,'' kata Elizabeth Sobol, managing director IMG Artists, Amerika Utara.

Tidak perlu takut dicap bodoh karena bertanya. Jangan takut mengakui bahwa Anda tidak memahami sesuatu. Tidak ada yang salah dengan tidak tahu.

''Tetapi, tidak bertanya atau berpura-pura mengerti selalu memiliki konsekuensi negatif,'' ujar Robert Stack, presiden dan CEO Community Options Inc., sebuah organisasi nirlaba di Amerika Serikat.

Berikan yang terbaik

Salah satu cara terbaik untuk mendapatkan perhatian adalah dengan menjadi pemain yang solid. Jika Anda menjalankan sesuatu dengan sempurna, Anda akan memiliki reputasi yang baik, yang akan memungkinkan Anda untuk membangun jaringan di lingkaran yang tepat. Demikian pendapat Brian Curin, presiden jaringan alas kaki Flip Flop Shops.


Ia juga menyarankan pekerja untuk melakukan tugas ekstra di luar deskripsi pekerjaannya, serta berperilaku kreatif. ''Selalu bertindak sedikit lebih maju, dan selalu bertanya kepada manajer tentang hal lain yang dapat Anda lakukan,'' sarannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar