Minggu, 02 Januari 2011

TULISAN ETIKA PROFESI - Wow, Sampah Malam Tahun Baru 7.149 Ton!

Dinas Kebersihan DKI Jakarta menyatakan sampah pada malam pergantian tahun baru di Jakarta mencapai total 7.149 ton atau meningkat dibanding hari biasanya. Padahal, jumlah sampah pada hari biasa hanya mencapai sekitar 6.200 ton per harinya.
Volume akan terus bertambah setiap hari pada pukul 12 malam.
-- Eko Bahruna

Kepala Dinas Kebersihan DKI Eko Bahruna di Jakarta, Minggu (2/1/2011), mengatakan, mengatakan jumlah sampah malam tahun baru kemarin meningkat dua kali lipat dibandingkan sampah pergantian tahun pada 2010 lalu.

"Itu memang wajar karena orang semakin banyak, aktivitas semakin bergerak dan tentu saja antusiasme warga untuk merayakan tahun baru juga semakin bervariasi," katanya.

Sampah berasal dari acara perayaan di lima wilayah kotamadya, yang biasanya dimeriahkan dengan ornamen-ornamen tahun baru dan juga makanan. Eko mengatakan, tempat perayaan yang menyumbang sampah terbanyak adalah Taman Impian Jaya Ancol di Jakarta Utara, Taman Mini Indonesia Indah (TMII) di Jakarta Timur dan Lapangan Monas di Jakarta Pusat.

Tumpukan sampah juga diperparah dengan kebiasaan masyarakat yang membuang sampah sembarangan. Eko memperkirakan, total sampah bakal terus bertambah karena pihaknya belum menghitung sampah di lokasi-lokasi hiburan dan obyek wisata yang pada Sabtu dan Minggu ramai dikunjungi masyarakat seperti Taman Margasatwa Ragunan di Jakarta Selatan.

"Volume akan terus bertambah setiap hari pada pukul 12 malam," katanya.

Dinas Kebersihan sendiri menerjunkan 5.300 petugas kebersihan biasa bertugas di lima wilayah yang terbagi sebanyak 1.700 personel diterjunkan untuk membersihkan sampah di TIJA, TMII dan Monas. Sementara 3.600 personel lain diterjunkan untuk membersihkan di seluruh kawasan di lima wilayah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar